Tuesday, January 22, 2019

2018 BIKIN APA AJA?




2018

Halo. Ehm.
Saya kembali lagi. Hehe.
Ngga kerasa ya, sudah tahun 2019. Tulisan saya di blog tahun 2018 kalo dihitung-hitung ternyata cuman 10 biji. Kuantitas saya mengupdate blog ini makin lama makin menurun kalo diperhatikan.

Halah, kebanyakan alasan wkwkwk.

Kenapa ketawa saya jadi 'wkwkwkwk' ya.

Ada banyak poin resolusi yang sudah saya capai tahun kemarin. Tahun 2018 saya memang sengaja tidak terlalu fokus di blog. Ini pun untung-untungan bisa sampai 10 post. 

Berikut resolusi-resolusi itu :


1. SELESAI KKN 

Tahun 2018 tepatnya akhir Januari saya sudah mulai KKN. Berbeda dengan KKN Reguler yang kerjaannya blusukan sampe sebulan smpe nginap ke desa-desa. Saya justru mengambil KKN Profesi di mana kerjaannya magang di proyek-proyek pembangunan. Hari itu saya satu kelompok dengan Sari dan Ari di Pembangunan Mall Nipah, salah satu Mall besar di Makassar yang sudah resmi dibuka akhir tahun. Lain waktu akan saya ceritakan.


Reyhan Ismail, Mall Nipah Makassar, KKN
Kiri namanya Ari, Tengah Sari dan kanan Kai exo


2. JADI RELAWAN DI MIWF 2018

Dari tahun 2014 saya sudah rutin datang ke festival tahunan ini seorang diri. Ga ada kerjaan memang. Senang aja rasanya datang seorang diri, lebih bebas merhatiin orang sekitar, lebih bebas mengamati segala hal, lebih bebas meresapi setiap penampilan diatas panggung, baik itu baca puisi, teater dan musik. Beda halnya kalo datangnya borongan sama temen. Kemana-mana pasti kerjaannya ngobrol mulu.


MIWF 2018, MIWF Media Relation 2018, Media relation
Hari terakhir MIWF 2018 Dari Divisi Media Relation
Nah, di tahun 2018 kemarin, Allhmdulillah saya diberi kesempatan untuk ikut menjadi Volunteer di bagian Media Relation. Di sana saya tidak hanya menjadi penikmat tapi sekaligus ikut berkontribusi dan mendapatkan banyak teman dengan minat yang serupa. Ada Ninis, Novi, Rini, Kak Farah, Kak Amy, Kak Keken, Kak Wenny, Kak Ime dan untuk pertama kalinya saya ketemu sama Firman. Lain waktu akan saya ceritakan.

3. UANG PERTAMA DARI BLOG

Duh, jadi tidak enak ceritanya. Saya agak sensitif soalnya kalo berbicara soal uang. Apalagi kalo menyangkut soal dollar. Intinya 2018 itu untuk pertama kalinya saya dapat job yang berhubungan dengan blog. Dari job pertama itu, saya mulai masuk ke dalam circle yang di mana membuat tawaran job mulai datang satu persatu, sampai hari ini. 


Sobatku Makassar 2018
Menjemput rejeki di awal tahun 2018.

4. KETEMU MAYANG DAN FIRMAN

Membuat blog tahun 2011 dan mulai serius tahun 2014 sampai punya banyak teman. Tapi sampai akhir tahun 2017 saya belum pernah menemui mereka secara langsung. Saya sempat curiga jangan-jangan mereka ini cuman bot yang kerjaannya cuman BW-BW blog orang. Tapi ternyata Tuhan berkehendak lain.

Ini apaan si, kayak orang mati aja.

Maksudnya, tapi ternyata mereka benar adanya. Pertengahan bulan Juli, untuk pertama kalinya saya ketemu sama teman blog dari Solo. Namanya Mayang. Disertai dengan tambatan hatinya. Firman. Lain waktu akan saya ceritakan.

6. GABUNG KE KLUB BUKU

Atas dasar rasa bosan dan jenuh menulis dan mendiskusikan buku yang habis di baca sendirian lewat review di Goodreads. Tahun 2018 saya mulai berpikir untuk mencari teman yang punya hobi membaca sama dan suka berdiskusi. Ada beberapa teman sih. Tapi kadang waktu dan kesibukan membuat kami sulit bertemu untuk berdiskusi. Dan hari itu, teman saya yang suka baca buku namanya Sita, menawarkan saya untuk masuk ke klub buku yang baru dibentuk di Makassar. Namanya The Books Club Makassar. Tanpa pikir panjang jadilah saya bergabung ke klub tersebut. Sampai sekarang saya masih terus aktif dan ikut diskusi buku mereka yang diadakan sekali sebulan. Di sana juga saya menemukan banyak teman baru. Kebanyakan sudah kerja. Lain waktu akan saya ceritakan.

The Book Club Makassar, Reyhan Ismail, Miles Co Working Makassar
Pertemuan pertama kalo tidak salah bulan September

The Book Club Makassar, Reyhan Ismail, Miles Co Working Makassar
Pertemuan kedua November
The Book Club Makassar, Reyhan Ismail, Miles Co Working Makassar
Dan yang terakhir Desember. Sekaliigus tukaran kado. Terima kasih hadiah Headsetnya Kak Tyas, kebetulan headset saya sudah jamuran, hehehe :)
  

7. TWITTER JADI RAME

Dari sekian banyak yang terjadi di 2018. Ini sih yang paling berkesan. Twitter saya mulai rame di bacotin orang. Twit saya awalnya paling banyak di rt 3-5 orang, bisa di rt sampai 300-an lebih. Terus saya konsisten nge-tweet tiap hari, sampai pelan-pelan ada yang tembus 1000-an lebih. Dan puncaknya bermula dari tweet ini :

Reyhan Ismail Twitter
Tweet yang terinspirasi dari singkatan yang dibuat teman saya, Sari. Terima kasih Sari!
Followers saya langsung nambah sampai 2000+ lebih dalam dua minggu. The Power of K-Pop Aye, Aye! Bahkan setelah tweet ini, salah satu tweet saya sempat tembus 12 ribu retweet, sebelum dihapus oleh pihak twitter karena mengandung unsur bunuh diri. 

Sampai hari ini Twitter saya sudah tidak sepi lagi. Tiap saya nge-tweet pasti ada saja yang nyamber dengan bacotan. Terima kasih Twitter!

8. KELUARIN SATU BUKU DI WATTPAD

Desain sampul keren ini dibuat oleh salah satu teman seangkatan saya di arsitek. Namanya Fira. Terima kasih Fira!
Sebenarnya ini resolusi tahun lalu yang sempat tertunda sih. Naskahnya sudah saya kerjakan semenjak bulan puasa tahun 2017. Tapi rasa tidak percaya diri membuat naskah ini sempat terlupakan. Saya menulisnya pelan-pelan menyesuaikan dengan mood. Banyak bagian yang dibuang. Hasil akhirnya pun saya masih belum puas. Kalo mau baca klik saja di sini :



9. SELESAI READING CHALLANGE 50 BUKU

Reyhan Ismail Goodreads. Reading Challange Goodreads 2018

Diantara banyaknya pencapaian diatas, bagian yang paling banyak menyita waktu saya adalah baca buku ini. Sebulan minimal saya bisa sampai membaca 4 buku. Ada yang bisa selesai dalam sehari (biasanya buku ringan kayak novel remaja, pelit dll). Dan kalo lagi kurang kerjaan paling banyak bisa selesai sampai 6 buku. Setelah membaca, biasanya saya menulis reviewnya di Goodreads. Kalo mau baca ada klik di sini

-R-

Ada banyak rencana yang sudah saya siapkan di tahun 2019. Untuk tahun 2019 kuliah saya juga sudah tidak sesibuk tahun-tahun sebelumnya. Sekarang tinggal sibuk skripsi. Satu tahap lagi untuk melangkah ke dunia nyata. Semoga ada banyak kejutan di tahun 2019.

Untuk tahun 2018, terima kasih! Banyak hal yang terjadi di tahun 2018. Ada banyak cerita yang menunggu untuk dituliskan. Tahun ini saya kembali mencoba untuk mulai rutin lagi menulis blog. Semoga teman-teman juga masih betah untuk membaca. :)

40 comments:

  1. Inti dari poin-poin yang ketemu sama temen baru: lain waktu akan saya ceritakan.

    Gokil, banyak amat sampai 50 buku. Beberapa temen biasanya cuma pasang 20-30. Kamu bisa dua kali lipatnya tuh, Rey. Efek gabung klub buku, kah? Saya sendiri enggak sempet ngitung, tapi palingan sekitar 20-30 itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Soalnya klo ditulis dsini kepanjangan Yog 😂

      Efek kurang kerjaan aja sih sebenarnya Yog.

      Delete
    2. nuggu yang 'lain waktu akan saya ceritakan'. ah yang lainnya mah gak penting rey.

      Delete
  2. Tahun yang sangat produktif. Goks!!!

    ReplyDelete
  3. Aturan judulnya "Lain Waktu Akan Saya Ceritakan" saja. Lebih cocok alias bodo amat terserah. Wkwkwk

    ReplyDelete
  4. keren sekali, terproduktif dengan baca 50 buku. Buku apa semua itu kak? terniat memang. saya mesti banyak belajar ilmunya biar bisa baca buku sebanyak itu dan maju dalam bersosial media termasuk buat status.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Whahaha. Sya ktawa pas bagian 'maju dalam bersosial media termasuk buat status' memangnya tulis status hrus di majukan ya? 😂

      Delete
  5. Replies
    1. Aku tdi mau masukin foto kmu mau. Tpi takut penyamaran kmu nnti ketahuan.

      Delete
  6. alhamdulillah yah, banyak keinginan dan target terwujud tahun lalu. saya menunggu cerita-cerita selanjutnya yang diberi keterangan: Lain waktu akan saya ceritakan.

    ReplyDelete
  7. Super sekali kak tahun lalunya. Sebuah standar pencapaian yang tinggi dalam ukuran saya. Semoga tahun ini lebih produktif lagi.

    ReplyDelete
  8. Banyak banget pencapaiannya Rey di tahun 2018. Termasuk magang di Nipah Mall juga. Berarti sempat ketemu sama Pak Fadly Kasim dan Pak Richard Abraham donk. Hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehmmm. Spertinya kak. Tapi saya wktu itu tidak kenal namanya. Mreka kerja dibagian mana ya kak?

      Delete
    2. Hahah.. Bossnya semua itu PT. Kalla Inti Karsa

      Delete
  9. Alhamdulillah tahun 2018 tahun produktif, semoga tahun ini lebih banyak lagi karyanya.

    ReplyDelete
  10. Mantap, tetap berkarya, dan semoga tambah sukses kedepannya.. ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapp. Kau juga bro. Smoga lancar proyke 50 M nya

      Delete
  11. wah bisa bikin buku tawwa, mantap, sekali waktu bolehlah baca tulisannya di wattpad

    ReplyDelete
  12. Haloo rey, salam kenal!
    Produktif yaa 2018 nyaa.
    Sejak kemarin sering denger nama Rey. Tp belum bertemu. Semoga nanti segera ketemum haha ttp produktif Rey ,!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo kak Nunu.
      Saya lebih sering dengar nama kak nunu, Hehehe. Apalagi pas di wawancaranya Kick Andy yang sngat insipiratif. Aamiin. Smoga kak :D

      Delete
  13. Sebanyak itu followerta kak di di twitter, ampunka saya dapat sepuluh follower saja susah sekali kalau di twitter, padahal sdh pake tips dr temn2, yang pake hastag itu,,, apa tipsnya dari kita ini kak bagi dong hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipsnya, bagaimana ya. Saya juga bingung hahah.
      Banyak2 bacot saja deh kayaknya klo di twitter.

      Delete
  14. Produktif sekali ya Rey. semoga di tahun ini semua akan lebih baik dari tahun lalu. cita-cita dan harapan dapat terwujud secepatnya

    ReplyDelete
  15. Hallo, Mas Rey.. Ini sih mantapp.
    Keren bener, semoga di tahun ini deretan impiannya juga tercapai satu persatu ya, proses demi prosesnya bisa dilewati dengan lancar.

    Salut euy sama bacaannya, keren. Bisa ditiru ini. Aku harus banyakin buku yang harus di baca di tahun ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, mas Andi. Mkasih ya. Aamiin, Aamiin.

      Iyaa. Bikin reading challange aja di Goodreads ndi.

      Delete
  16. Bangsyaaaatt aku malah fokus ke poin yg ketemu sama mayang dan firman hahaha. Btw, mayang dan firman jadian? haduuh aku ngga apdet kisah cinta perblogeran:(

    Whooah selamat bisa ngeluarin di dalem eeh maksudnya ngeluarin satu buku di wattpad.
    Dan Rey sekarang udah jadi selebtwit berkat twitnya itu:) wkekekekek

    Oiya, buruan tulis kelanjutan cerita tentang mitap sama mayang dan firman yaaaw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh, makanya jngan terlalu sibuk dengan dunia per-insta storyan lan. Sdah waktunya make blog great again!

      Bngst. Kok malah kluar di dalem -,-
      Iya, ditunggu ya lan. Bwahahaa

      Delete
  17. what? 50 buku? jadi malu sendiri, sepertinya saya hanya menyelesaikan kurang lebih 10 buku selama 2018.. Tulis/review tentang buku favorit dong kak skali kali wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah kok. Ada di goodreads. Heheh. Klik saja link diatas.

      Delete
  18. Tahun 2018 yang penuh warna yaa. Semoga semakin produktif di tahun 2019 ini.

    BTW, hebatnyaaa dalam setahun bisa baca 50 buku. Tahun kemarin saya ada baca berapa buku yaa? Lupaaa

    ReplyDelete
  19. Tahun 2018 yang sungguh produktif, mantapppp. Btw, saya fokus ke the Book Club. Itu pertemuannya di Bulan Desember, dirimu juga ada dih? Padahal waktu itu saya lagi di Miles juga abis pake ruangan itu untuk workshop Selang.Pelang X Tenoon. Sempatji bertanya-tanya wih ada meetupnya klub buku tawwwaaa

    ReplyDelete
  20. Mantap jadi selebtwit wuooh!

    Gue sempet baca cerita yang segelas susu itu, nanti kalau ada waktu dilanjut baca lagi haha

    ReplyDelete
  21. waahhh chalengge 50 buku dalam setahunnya keren, aku juga bikin target segitu tapi ternyata gak pernah kesampaian :( padahal otak ini juga butuh nutrisi huhuhu

    ReplyDelete

Singgah ki' :)