Sabtu, 10 Desember 2016

KARENA YANG SPONTAN ITU MEMALUKAN



Siapa bilang spontanitas itu ciri-ciri orang kreatif?

-R-

Lomba akustik diadakan malam itu. Dan kami termasuk salah satu peserta yang terdaftar didalamnya. Kebetulan panitia dari lomba adalah teman kami sendiri. Namanya Rizal dan Fauzan. Dua orang yang berasal dari daerah yang sama, karna lomba ini memang diadakan oleh Organisasi Daerah mereka. Sinjai.

Waktu itu latihan lengkap cuman sehari. Selebihnya kami mengandalkan improvisasi.

Sebelum itu saya akan memperkenalkan nama Band akustik kami.

Kebetulan semua anggotanya adalah teman angkatan saya di Arsitektur jadi namanya Sloef Band.  Band ini berdiri pada tahun 2016 dan Insya Allah akan bubar pada tahun yang sama.

Kenapa Sloef band? Pertanyaan yang tidak bagus!
Sloef band itu adalah bagian dari struktur bangunan. Tepat diatas pondasi. Bentuknya seperti ini

Ini namanya Sloef, tapi di Google namanya Sloof.
(Sumber)
Kenapa namanya bukan pondasi? 

Pertanyaan yang buruk!

Karna pondasinya adalah agama kami. Jadi tolong, jangan ditanya-tanya lagi. 

Baik. Sekarang saya akan memperkenalkan setiap personilnya. Dimulai dari saya sebagai vokal dan anggota-anggota lainnya sebagai berikut.

GITARIS


Reyhan Ismail, Zain
Zain, dengan senyumnya yang manja 
Nama    : Zain
Tempat/ tanggal lahir     : Timor leste/ 1,5 Agustus 1996
Genre   : Dangdut koplo, Dangdut Pantura, dan Kopi dangdut.
Posisi     : Gitaris merangkap penggulung kabel.

Zain ini termasuk personil yang super disiplin. Selalu datang tiap ada latihan dan tidak datang setiap tidak ada latihan. Luar biasa.

Sampai sekarang diduga Zain ini belum membayar uang patungan untuk mendaftar lomba akustik. Sungguh diluar dugaan.


BASSIST


Reyhan Ismail, Muhammad Haris
Ini salah satu foto Haris dengan celana robek kesayangannya
Nama    : Haris
Tempat/ tanggal lahir     : Bulusipong/ 1437 Hijriyah
Genre   : Japan rock, Japan dangdut, pokoknya semua yang berbau jepang
Posisi     : Bisa bermain bass dengan gitar dan bermain drum dengan cajon.

Seorang personil yang dengan ikhlas menawarkan rumahnya sebagai tempat latihan. Juga seorang personil yang melayani tamunya dengan secangkir teh dan kopi tubruk. Sangat terobsesi dengan musik-musik keras, seperti lagu Kiliing me inside – Biarlah yang dicover menjadi versi scream dan metal. Juga sering bingung dalam segala hal. Luar biasa


CAJON

Andhika Dwi, Reyhan Ismail
"Aduh, leherku..." 
Nama    : Andika Kangen Band
Tempat/ tanggal lahir     : Alam bawa sadar/ Abad ke-21 Masehi
Genre   : Sampai sekarang masih belum diketahui
Posisi     : Bek tengah sekaligus peminum kopi tubruk Haris

Personil yang memiliki wawasan yang luas tentang perkembangan musik diwilayah tempat tinggalnya. Orangnya sangat santai, termasuk kalo tidur biasanya sangat santai dan rileks. Pribadi yang sangat misterius, kadang hilang kadang ada. Warna favoritnya hitam tosca.

-R-

Jadi malam itu sebelum berangkat ke Under Café (tempat lomba akustik) kita semua berkumpul dirumahnya Haris untuk latihan sekali terus berangkat bersama-sama.

Sampai dilokasi, kami langsung memarkir motor didepan kafe, dari sana sudah kelihatan penontonnya lumayan banyak, diluar ekspektasi kami yang mengira ini lomba kecil-kecilan.

Acaranya juga belum dimulai. Sebelum masuk kafe, masing-masing dari kami memperbaiki penampilan. Setelah itu kami masuk ke Kafe, saya melihat penampilan semua peserta sepertinya dibawah rata-rata. Hanya penampilan kami yang sedikit high class didalam kafe tersebut.

-R-

Acarapun dimulai oleh MC yang luar biasa. MC nya Rizal, teman kami sendiri. Setelah itu ia pun memanggil Band pertama untuk tampil, seingat saya namanya Kelapa Gading, mungkin semua personilnya berasal dari Kelapa Gading, saya tidak tahu. Pokoknya band ini yang berhasil menggertak kami diawal penampilan. Mereka membawakan lagunya Chrisye, saya lupa judulnya, terus lagu kedua Kopi dangdut yang dibikin versi Jazz yang sukses membuat Zain meminta izin untuk pulang.

Setelah Kelapa Gading, band kedua yang dipanggil adalah Kreasi Band. Kedengaran dari namanya, sepertinya orang-orangnya suka berkreasi, contonya berkreasi membuat telur dadar, telur mata sapi atau telur gantung. 

Saya lupa lagu pertama mereka yang jelas vokalisnya perempuan dan lagu kedua mereka Guns n Roses – Sweet Child O Mine, dilagu kedua tidak berjalan mulus, senar gitar salah satu dari mereka putus dibagian intro. Sebuah tragedi yang sangat kami harapkan.

Sesudah mereka tampil, diluar dugaan, ternyata Band yang tampil diurutan 3,4, dan 5 tidak hadir dan akhirnya didiskualifikasi. Itu pertanda diurutan penampilan ketiga langsung lompat ke kami yang awalnya diurutan ke enam. Sungguh kabar yang membuat kami kencing maraton di toilet. Bahkan Haris sempat menawarkan jalur menuju rawa-rawa didekat toilet untuk lari dari kenyataan, sungguh kemampuan yang dapat diandalkan. 

Zain juga kelihatannya sangat menyesal memanggil pacarnya datang, sedangkan Andika terlihat tenang-tenang saja walaupun mukanya agak pucat. Saya sendiri masih ragu dengan lirik lagu pertama, lagu itu adalah Peterpan – Cobalah mengerti. Perlahan namun pasti kami pun dipanggil untuk naik.

Ya’, berhubung peserta diurutan ketiga, keempat dan kelima tidak hadir, maka kami memutuskan untuk mendiskualifikasi dan langsung saja kita sambut penampilan diurutan keenam, Sloef band!!!!

Tepuk tangan langsung menyamput setelah MC memanggil kami. Kami pun segera naik. Sebelum naik saya mengajak mereka berdoa dulu “Eh, ayo berdoa dulu” sambil memegang pundak mereka sungguh mulia etikad baik saya waktu itu, tapi Haris bilang “Ah, anak rock tidak pake berdo'a” dalam hati saya “Iya juga ya, kita kan anak Rock” kami pun langsung naik dengan lidah yang terjulur.

Tapi pas diatas panggung, entah kenapa semua penonton tertawa. Bukan. Bukan karna lidah kami yang terjulur. Bukan juga karna penampilan kami yang sudah oke. Tiba-tiba Rizal menegur saya dari samping panggung.“Eh, Rey! Tasmu jangan dibawa naik keatas panggung!” Ternyata saya lupa melepas tas Palazzo saya sodara-sodara.

Setelah melepas tas, terlebih dahulu saya sebagai vokalis memperkenalkan personil dari Sloef band. Setelah itu mulai lah lagu pertama yang saya ragu-ragukan. Peterpan – Cobalah untuk mengerti.

Sesuai dugaan. Saya lupa lirik T_T

Bahkan ada salah satu lirik yang saya ulang-ulangi supaya bagian itu tidak kedengaran kalo lupa lirik. Tapi dengan modal percaya diri, saya mengakhiri bait itu dengan teriakan “Wouuwww!” atau “Semuanya!”  tanpa rasa bersalah. Sungguh vokalis yang keji.

Dilagu kedua, setidaknya semuanya berjalan lancar tanpa banyak kesalahan. Kalo tidak percaya silahkan lihat lanjutan cerita dan penampilan lagu kedua divideo ini.


Menurut kalian kami pantas untuk dapat juara atau tidak? Jawabannya ada diakhir video. Silahkan diungkap  :)

Setelah tampil kami semua bernafas lega dan tanpa beban lagi. Kecuali saya. Tiba-tiba saja, tanpa perencanaan terlebih dahulu,  Rizal sebagai MC waktu itu menyuruh saya untuk naik sekali lagi. Bukan. Bukan untuk bernyanyi terus lupa lirik lagi. Tapi untuk Stand up comedy. BOOM!

Saya awalnya menolak, tapi dia menjebak dengan mendaftarkan nama saya tanpa meminta izin terlebih dahulu. Sungguh tak berperi-comic-an.

Akhirnya sayapun menyetujui paksaan itu. Berhubung malam itu saya sudah terlanjur hina, maka sungguh tidak baik jika hinanya tidak total. Tanpa materi dan persiapan sebelumnya saya naik keatas  panggung bermodalkan pengalaman Standup Comedy yang baru satu kali saya lakukan ditulisan ini. Itupun gagal total! Akhirnya begini lah jadinya, sama dengan muka saya. SEADANYA.



Yang mau menghina atau mencaci maki, silahkan tulis dikolom komentar dibawah, daripada menistakan agama, lebih baik menistakan diri sendiri ☺

PS : Akhir-akhir ini tugas mulai membabi buta. Besok2 menjelang pergantian tahun mungkin akan menjadi hari yang sibuk. Doakan, semoga semester ini berjalan dengan lancar, semoga bisa aktif blogwalking lagi dan semoga bisa meramaikan group WWF lagi :))

Bdw, playlist musik saya sekarang juga dipenuhi lagu-lagu Barasuara, dan saya mulai suka dengan lagu-lagu mereka. Genrenya ala-ala Folk-Rock begitu, pokoknya keren! Termasuk Asteriska :)

Cukup segitu PS-nya, huehuee. See ya!


36 komentar:

  1. BASIST! SUngguh menyeramkan. HUAHAUAHUA

    Btw, Standup lo lucu. *Biar lo gak terlalu terhina kan, walaupun gue gak ketawa. HAHA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggk mau kenalan sama bassistnya nyol? dia penulis blog juga loh.

      JINGAN. Kirain mau memuji, klimat trakhirnya mlah mnghina ((walaupun gue gak ketawa))

      Hapus
  2. Kasian ya bang senarnya putus?
    Trus gimana hubungan si senar pas udah putus? Cilukba kah?
    .
    Wah jadi abang ini vokalis ngrangkap jadi komika terus ngerangkap juga jadi cr7
    Hebat bang
    Luar biasa
    .
    Wkwkwkwk lucu bang lucu videonya padahal blom liat loh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hubungan nya berlanjut ke episode selanjutnya nik, yang berjudul "Putusnya senar otak coklat".

      Iya, betul sekali dugaan kamu nik, saya ini memang suka merangkap-rangkapi sebuah pekerjaan, krna terinspirasi dari tukang foto copy. Yaa, luar biasa memang...

      Nah, trus yg lucu apanya dong nik?

      Hapus
  3. FILOSOFI TERBENTUKNYA NAMA BAND-MU SUNGGUH LUAR BIASA, REY! PONDASINYA AGAMA! YEAH!
    (((telur gantung))) membuatku membayangkan yang ena ena. Egimana...
    Heu, kami rindu Rey. Semoga segalanya lekas selesai dan bisa meramaikan grup WWF lagi, ya.
    Kumau nonton videonya tapi sayang kuota :(
    #Tiwiterlalujujur

    BalasHapus
    Balasan
    1. YEAH!
      Telur memang enak yul, mengandung protein yg sehat, apalagi telur bebek sama telur ayam kmpung, nyam, nyam, nyam, jadi lapar~

      Saya juga rindu group WWF.
      Iya, yul. Doakan.

      Itu dputarnya nggk pake kuota loh wi', coba deh. #MasihBerusaha.

      Hapus
  4. Gak ada foto manggung dengan lidah terjulurnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggk ada bang. Nanti icha' kegirangan.

      Hapus
  5. Gue ngakak parah di bagian tas Palazzo bangskaaaai. Itu merk tas gue pas kuliah semester 1-3 :')))

    Hmmm baru tau kalo bagian pondasi itu namanya sloof. Lo layak sekali menjadi ekspert di dunia perkuli bangunan, Rey.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sungguh tas yang sudah melegenda dan mendarah daging bagi kaum mahasiswa di seluruh Indonesia. Hahahh.

      Yaa, memang hal2 sperti itu kyknya akan sya kerjakan pas selesai kuliah Jog. Klo bukan jadi kuli nya ya, mksimal jadi kepala kuli nya..

      Hapus
  6. Lagi-lagi ngakak baca tulisan kamu, Rey. Ditambah lagi video stand up-nya yang engga lucu, tapi 'engga lucunya' itu yang bikin ketawa. Hahahahak. Selerah humorku receh banget yawlah :')

    Ternyata bener! Ada beberapa hinaan yang aduhai di video kamu, palagi pas pengumuman juara itu, rupanya karna faktor stand-up. Wekekekek.


    "Band ini berdiri pada tahun 2016 dan Insha'Allah akan bubar pada tahun yang sama" Ini perlu di aminin gak ya? xD

    Sama, akhir-akhir ini tugas kuliahku juga membabi buta. Semoga lantjar yak semuanya wkwk:')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emng gk lucu ya nov? ehe, ehe. Kirain orang2 dsana ketawa karna joke saya memang lucu, trnyata mereka ketawa krna saya yg malu-maluin ya, hahahh. Tragis. Stidaknya saya gk dibakar massa.

      Hahahh, hinaan yg mana nih nov? Oo, klo itu memang menang krna kami berhasil menyuap mc nya yg kbetulan teman.

      Aamiin-in aja nov, udah bubar kok, hahahh. Cukup sekali kami tmpil dengan keji.
      Iya, smoga nov. Eh, kmu kuliahnya jrusan apasih?

      Bdw, spertinya cuman kmu yg komentarnya agak nyambung dan mmbahas tntang video yg saya upload. Smoga kuotanya gk habis ya nov, hahahh.

      Hapus
    2. Lah komen saya berarti g nyambung dong?
      Wah ini gara2 putus senar nih

      Hapus
    3. Nyambung dong nik, cuma muka kitanya aja yg kurang nyambung.

      Hapus
    4. Et, re-read tulisan ini lagi, dan baru liat komentarnya xD

      Lucu, Rey. Mungkin sense of humor akunya aja yang receh hahaha, ntah. Aku udah lupa apa yang ada di videonya heheh

      Jurusan Sastra Inggris,Rey.

      Alhamdulillah. Waktu itu pake kuota midnite, jadi gapapa kalo nonton video. wkwkw

      Hapus
    5. Oo, sastra inggris. Sya baru ingat Nov. Prasaan kmu dlu pernah bilang di tulisan kmu.

      Hapus
  7. Sebelum komentar, sebenarnya saya ingin bilang ke diri saya sendiri, "maafkan saya, maafkan saya.."

    Ok reiy, saya ngefans sama kamu. Ya selain sama kangen band.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini mksdnya memafkan diri sndiri dalam rangka maulid nabi ya dian?
      Wah, saya juga mau minta maaf untuk diri saya sndiri "Maafkan dia, maafkan dia"

      Oke dian, saya juga ngefans sama diri saya sndiri. Ya selain sama Younglex dan awkarin.

      Hapus
  8. Wih Goks ini mah, vocalis ngerangkap jadi komika. Ngalahin Radit sama Aril Noah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mkasih2, ehe, ehe.
      Duh, gk tau mau bilang apa, smpe bawa2 nama ariel sama Radit lagi, hahahhh

      Hapus
  9. pengetahuanku meningkat membaca post ini. sloef. sloef gitu lho. (ini apaan nyet!)

    sloef band gak mau nambah personel di bagian nyetem gitar, nih? :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhamdulillah. Trnyata tulisan gk berguna sperti ini bisa menambah pengetahuan. Gk nyangka.

      Boleh rob, mau daftar? kirim surat lamaran ke email saya saja. Jngan lupa sertakan pas foto 3x4foto dan foto copy ijazah yng sudah dilegalisir 2 lembar ya rob. Ditunggu.

      Hapus
  10. "Kiliing me inside – Biarlah yang dicover menjadi versi scream." Eh, serius? Woahaha. Kenapa gak bawain yang Torment aja? :p
    Mantap ini Sloef. Asal-usul namanya juga berfaedah sekali.

    Aku belum bisa nonton videonya, Rey. Kuotaku sekarat. Nanti deh, ya. :(
    Btw, aku juga punya tas Palazzo dong. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Torment? ku baru dengar yog. Itu torment band atau judul lagu?
      Yaa, sangat sarat makna dan filosofi.

      Ah, gk pp kok yog. Untuk mnonton video ini gk cuman butuh kuota, tpi yg paling dbutuhkan adalah kesiapan mental, oiya, jngan lupa sebelum mnonton teteskan insto pada kedua bola mata.
      Yeah, we are Palazzo man!

      Hapus
  11. Ha ha jadi inget masa-masa ngeband dulu pas kuliah euy... Rindu atmosfir panggung. Rindu sensasi sebelum tampil.

    Video sudah kutonton Rey dua-duanya. Keren lah penampilan bandnya. Cukup tenang.

    Eh sekarang kamu semester berapa sih cees?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, agia dulu anak band2 juga nih? Gokil...Yaa, ngeband diatas panggung memang punya kenangan tersendiri, apalagi bnyak cwek2 yg nonton. Dsitu kadang saya merasa ganteng...

      Hahahh, itu sbenarnya gugup sih.

      Skrang sudah semester 5 son. Beberapa tahun lagi akan melewati masa2 yg sulit...

      Hapus
  12. Basistnya serem yah... O_O
    Sepertinya dia butuh piknik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah, masa sih?
      Padahal setiap hari dia sering piknik loh.

      Hapus
  13. Jadi sebenarnya kamu ke Bali itu buat konser di club ya. wahh begitu mulianya sampai tidak membeberkan itu ke khalayak.

    saya doakan agar sloeff band ini terus bisa eksis dalam berkarya. lagipula pertunjukan akrobatik memang lagi rame sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaa, trkadang ada sesuatu hal yg harus kita sembunyikan supaya tetap kelihatan keren :))

      Aamiin, smoga kita tetap berkarya dalam balutan akrobatik. Bernyanyi sambil headstand cntohnya.

      Hapus
  14. wadaw kayaknya perfofrm dadakannya keren nih, ntar aku tonton deh :D
    band nya sekarang apa kabar ? masih ada ? belum bubar kan ? semoga tetep eksis yakk band nya heheh

    *cielah anak band

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sperti judulnya. Keren karna spontan :))
      Spertinya kami sedang melewati masa2 yang sulit nes..

      *Dikomentar ini saya merasa ganteng B)

      Hapus
  15. REI INI GUE REACT YAAAA. BANGKE.

    PERTAMA : APA APAAN ITU ASAL MULA NAMA BANDNYA. WAKAKAKAKAKKKAKAA.


    KEDUA : REI KOK NYANYINYA GUGUP KAYAK ORANG NAHAN MAU KETEMU CALON BESAN?

    KETIGA : SUARANYA REI LUMAYAN ENAK YAAAAAA. LUMAYAN DOANG. NGGAK ENAK ENAK BANGET,,,,,,

    KEEMPAT : APA APAAAAN KAYAK BEGITU AJA JUARA HARAPAN 1? YA ALLAH JURINYA SALAH DEH KAYAKNYA

    KELIMA : JADI YANG TERHINAAAAAAAAA. BANGKEEEEE NGAKAK.

    keenam : APAAAN SETENAPKOMEDI BEGITU DOANG! NGGAK LUCU AH.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama2 band yang legendaris memang berawal dari nama yg aneh ben, walaupun kedengarannya aneh, tpi pemikiran itu hrus kita support, mengingat Robby mendapat pengetahuan baru setelah mendengar nama band ini (silahkan cek komentarnya)

      Yaa, karna saya ragu dengan lirik prtama yg nggk saya hfal ben :)

      Nanti deh, dienakin. Biar enak banget.

      The power of nyogok.

      Mkasih2. Setiap saya dhina entah kenapa orng2 malah ngakak. Hidup memang gk adil!

      Saya juga sangat setuju klo itu nggk lucu! *Disitu saya merasa kurang ganteng.

      Hapus
  16. SUMPAH INI BANGKE BANGET. SUMPAH. AKU NGAKAK PARAH. SUMPAH. SUMPAH. SEMUA KALIMATNYA BIKIN NGAKAK. PALING NGAKAK PAS KALIAN MAU MENCOBA KABUR LARI DARI KENYATAAN. LIDAH TERJULUR JUGA DEH. SUNGGUH TRAGEDI YANG DIHARAPKAN. HAHAHAHAHAHAHAHA.

    Rey, kamu makannya apa sih? Songong sekaligus rendah hati sekaligus. Sungguh kemampuan yang bisa diandalkan.

    SLOEF BAND SERIUS BUBAR DI TAHUN INI JUGA? Jangan dong, Rey. Jangaaaaaan. Salah satu personil kalian belum ada yang bikin video mesum nih. Eh :(((

    BalasHapus
    Balasan
    1. SUMPAH TRAGEDI PAS MAU KABUR ITU ADALAH MOMEN YANG PALING AWKWARD! SBENARNYA SAYA JUGA PUNYA NIATAN DAN STRATEGI SNDIRI SIH BUAT KABUR. TAPI KABURNYA BUKAN BARENGAN KAYAK IDENYA SI HARIS.
      (Just info)

      Makannya Vidoran xmart cha'. Sehat, tumbuh kuat, dan punya karir bagus...

      Udah bubar kok cha'. Nnti ganti nama lagi jadi SLOAH.

      Hapus

Singgah ki' :)