Jumat, 19 Agustus 2016

Woohoooo! Setelah puasa nulis 4 Bulan (Semuanya ada disini!)



Lagi hormat
Mohon maaf atas keterlambatan nya komandan pembaca setia! :D
Terhitung sejak hari Sabtu 26 Maret 2016, tulisan yang berjudul Re-Write Puisi hampir saja menutup rutinitas saya menulis di dinding layar yang kalian tatap sekarang ini. Berlumut, banyak jaring laba2nya dan banyak rindu yang tak tersampaikan dari pembaca2 setia blog ini.

Setelah beberapa jam beradaptasi kembali sambil mengecek2 perkembangan blog hasilnya dalam 4 bulan yang kosong tanpa tulisan yang terbit satu pun, pengunjung yang dihasilkan diluar dari ekspektasi saya. Luar biasa. 

Saya tidak menyangka bahwa komentar di blog saya meningkat menjadi DUA komentar!!! (hikss). Dalam empat bulan yang komentar cuma dua, itupun salah satunya jual obat hipertensi :(.

Bagaimana dengan pengunjung?


Ini termasuk kemajuan atau kemunduran ya?

Deropp. Sekali naik tetap menurun. Sepertinya blog saya memegang erat hukum gaya gravitasi -_-.


-R-

Saya absen menulis selama 4 BULAN lebih bukan nya tanpa alasan. Selain mood yang KALANG (kadang hilang) dan blog yang terlupakan. Kegiatan yang dimulai dari akhir Februari sampai minggu kemarin sangat padat! sepadat bulu ketiak samson betawi!

Selain menyebabkan saya lupa nulis, kegiatan2 biadab ini juga menyebabkan saya tidak pulang ke kampung halaman pas liburan semester. Disaat teman2 yang lain bersuka ria mengungkap rindu di kampung halaman dan keluarga masing-masing, saya tetap bertahan di kota. Sendiri. Lapar dan Membusuk. :v

Kenapa saya menyibukkan diri disaat libur semester? 

Salah satu alasan nya karna 2 Februari kemarin adalah hari kelahiran saya yang ke 19 tahun dan saya sadar umur saya semakin tua dan ketika merenung dalam kesendirian, saya selalu berfikir, apa yang telah saya capai diumur 19 tahun ini? apakah saya sudah cukup membanggakan orang tua saya dengan kondisi saya yang sekarang? bagaimana caranya supaya saya bisa menghashilkan uang sendiri? apa yang dapat saya lakukan untuk meraih mimpi saya?,

Pertanyaan2 itu terus berkutat didalam pikiran saya. Sementara itu waktu tanpa komando selalu berputar tak pandang bagaimana kondisi manusia sekarang. Bertambah dan terus bertambah mengurangi waktu untuk berproses. Sampai tiba pada saatnya kita akan berpikir untuk melakukan sesuatu, sesuatu yang mungkin berpengaruh besar terhadap hidup kita atau menambah ilmu dan skill kita terhadap apa yg ingin kita capai.

Ah, sudah cukup basa-basinya. Tulisan diatas adalah dasar dari alasan saya untuk selalu menyibukkan diri. Alasan sederhana nya, diwaktu umur saya 18 tahun, saya mempunyai target supaya bisa menghasilkan uang sendiri di umur 20 tahun nanti, nah makanya, saya mencoba beberapa pintu ini untuk mengetahui apa yang bisa saya lakukan terhadap hidup saya ini. 

Singkat cerita, dibawah ini adalah beberapa kegiatan dan rutinitas baru saya di bulan lalu sekaligus biang kerok kenapa saya lupa nulis, hehe. Yo, check this out!

-R-

1. Jadi Bendahara panitia HMI


(Sumber: Google)

    Kegiatan ini adalah awal dari kesibukan dilibur semester kemarin. Ceritanya saya kekampus untuk urusan kampus (iyalah!) karna rencananya besok saya sdah mau pulang ke kampung halaman (Pinrang). Tapi ada satu waktu pada hari itu saya ditarik untuk ikut rapat pembentukan panitia raker dan pelantikan HMI Komisariat Teknik secara mendadak. Sebelumnya saya sndiri juga tidak tau kalo ada rapat hari itu. Pada akhirnya saya ditunjuk jadi Bendahara panitia pelaksana, itung2 belajar jadi bendahara lagi karna sebelumnya sya sdah pernah jadi bendhara sewaktu masih SMP. huehehe

Dari sini saya belajar bahwa:
  a. Bendahara harus selalu siap siaga di markas panitia dan disisi ketua paniia                                                            (dibaca:Sekretariat)
  b. Pengeluaran dan pemasukan kegiatan harus jelas kemana arahnya. (dicatatat!)
  c. Selalu berikan pesan "Minta kwitansinya!" ke pada yang memakai uang panitia 
  d. Basahi jarimu ketika memegang dan menghitung uang.
  e. Usahakan hafal berapa uang bendahara yang kita pegang tiap hari. (antisipasi kalo ditanya)
  f. Terkadang kita mendapati uang siluman yang entah darimana asalnya. (dari situ saya juga tidak tau pelajaran apa yang saya dapat)
  g. Siapkan kantong celana tersendiri untuk uang bendahara.
  h. Kuncinya, ada diatas kulkas, jangan lupa dikunci kembali kalo mau keluar.

2. Ikut Adusi Nyanyi di RRI
     
Stuvo 18 adalah salah satu audisi vokal yang diadakan oleh RRI Makassar
(Sumber: Alam bawah sadar Google)
Entah darimana niat yang membuat saya masuk untuk ikut dalam audisi ini. Bermodalkan suara yang bagus dan keren (Buuuooooooohhh) dan ajakan dari salah satu teman. Saya memutuskan mengadu nasib disini, walaupun kegiatan dikampus juga sedang sibuk2nya. Tapi Allhmdulillah saya bisa lolos seleksi tes dan bertahan sampai babak selanjutnya. Diaudisi satu ini saya belajar banyak hal tentang kepercayaan diri diatas panggung, cara berpakaian rapi, cara menguasai panggung ketika bernanyi dan tentunya hal paling penting cara pegang mic!

Di audisi ini saya tidak terlalu punya banyak teman, entahlah mungkin ada paham atau gaya hidup mereka yang kurang menarik bagi saya, sampai sekarang saya baru punya satu teman, itupun dia adlah teman yang mengajak saya dari awal. Saya berharap bisa bertahan disini, minimal juara 1 lah... :v. 


STUVO 18
Ini salah satu foto saya yang paling putih. Yang keliatan agak gosong sdikit itu saya.
Foto ini diambil pas babakan Dangdut, saya waktu itu dapat lagunya Ridho roma - Menunggu
Babakan yang sudah saya lalui setelah lolos seleksi adalah babakan Up-Beat (POP), Dangdut dan Rock, hingga sekarang saya masih bertahan. Oiyaa, tiap babakan atau penampilan nya kami tampil di panggung besar Auditorium RRI Makassar juga disiarkan di Radio RRI 96,8 MHz Loh! jadi ada rasa bangga juga. Walaupun tidak smpai masuk TV, setidaknya ada suara tidak ada gambar hehe, adapun lagu2 yang saya bawakan mulai dari seleksi sampai sekarang adalah:

1. Tes/ Seleksi             : Anji - Tentang rasa & Guns N Roses - Sweet child O Mine
2. Babakan POP         : Adera - Lebih Indah
3. Babakan Dangdut   : Ridho roma - Menunggu
4. Babakan Rock         : Bon Jovi - Always

Babakan nya diadakan sekali sebulan, jadi ada waktu sekitar 3 minggu untuk latihan wajib, itupun seminggu sekalli, belum termasuk latihan tambahan.  

3. Jadi Sekertaris panitia  kegiatan HMJ (Himpunan Mahasiswa Jurusan) Arsitektur


Ini nih logonya!!!..
(Sumber: Laptop sendiri)

     Kalo kegiatan satu ini waktunya sangat panjang. Puncak acaranya ada pada bulan September! kegiatannya juga ada berbagai macam dan merangkai! keseluruhan ada enam kegiatan sampai bulan September! (kejang2). Selama hidup saya belum pernah jadi sekertaris sebelumnya. Yang saya tau sewaktu LDK (Latihan Dasar Kepemimpinan) pas SMA, Sekertaris adalah panitia yang paling sibuk dari Ketua panitia dan panitia yang lain. Peran nya sangat vital dalam kepanitiaan dan terbukti saya tidak terlalu sibuk. Huehehee. Kesibukan sya hanya berkutat pada surat, surat dan surat. Kebanyakan rumit nya terletak pada susunan surat yang saya buat dan kelemahan saya kemarin adalah sulit untuk bangun pagi!.

Padahal ada beberapa surat yang harus di tanda tangani sama Ketua Jurusan, Ketua Panitia, Pengurus Himpunan atau Wakil Dekan 3! dan beberapa diantara mereka sngat sulit untuk ditemukan keberadaan nya dan datang nya pagi sekitaran jam 9 - 11. Disitulah cobaan terberat ketika harus bangun jam segitu -,-.

Kedua, jarang berkonsultasi ke senior pengurus himpunan. Saya memang orangnya pemalu apalagi kalo tidur, suka malu2. 


-R-

Dan jadilah kegiatan nya selesai begitu saja, saya sdah lupa detailnya, oiya, tulisan diatas tadi trakhir sya tulis bulan Mei sekarang bulan Juni baru Update lagi -,- huaaaahhh.....lagi2 disibukkan. Kali ini sibuk karna tugas kuliah.... Mohon maaf komandan!

Langsung saja fotonya sya upload 


Festival Arsitektur dan Edukasi 2016 Universitas Muslim Indonesia
Bukan, bukan.
Ini bukan pas lagi makan mic, yang ini pas penampilan akustik persembahan dari panitia FASAD34.

Festival Arsitektur dan Edukasi HMA UMI 2016
Menghayati lagu.
Pas buka mata "Mas, mas udah sampai cibubur mas"

Reyhan Ismail
Nah, disini, tepatnya pas Festival adalah pengalaman pertama saya menjadi MC kekinian.
Bermodalkan kepercayaan diri, keberanian dan kebiasaan diatas panggung waktu audisi nyanyi RRI



Himpunan Mahasiswa Arsitektur UMI 2016
Disni saya belajar, kalo MC itu kebanyakan bilang "Iya, betul sekali", "Apa itu mba/mas?", dan teriakin nama tim orang secara bersamaan.


HMA UMI mengadakan kegiatan Festival Arsitektur di Auditorium Al-Jibra
Ini semua panita festival yang sudah bekerja keras selama kegiatan berlangsung. Mohon jangan ditanya kami sudah mandi atau belum. :)

Oiya, kegiatannya sempat ditunda sehari karna sesuatu masalah teknis dan masalah konspirasi hati. Tapi overall semuanya berjalan lancar dan kompak. 

Setelah festival, besoknya dilanjutkan dengan kegiatan Talkshow tentang arsitektur sekaligus pengumuman lomba di acara Festival kemarin, saya nginap dikampus dan iya! saya tidak mandi2. Berikut salah satu fotonya :


Talkshow ini diadakan tahun 2016 di Auditorium Al Jibra
Ini kami sedang berada di acara Talkshow "Hitam -  Hitam Hijau Lumut" Adapun jargonya adalah "Kalo gak Hitam? Gak lumuttt!!!!"

Himpunan Mahasiswa Arsitektur UMI
Ini dia, para pemenang lomba akustik di festival kemarin, dari kiri ke kanan, yang pake jilbab Juara 1 dengan nama band kutil-kutil (lupa, pokokonya ada kutilnya), sebelahnya Juara 2 dengan nama band Gank sekolah, yang kemeja biru Juara 3 Perwakilan dari Unhas dan yang terakhir juara favorit, nama bandnya Nenekku seorang kapiten.
Masih banyak lagi foto yang belum sempat di upload, cuma kalo diupload semua, nannti kayak LPJ. 



4. Ikut lomba paduan suara antar Fakultas


Perwakilan Fakultas Teknik UMI
Ada yang liat saya dimana?
Iya, demi melanjutkan eksistensi di dunia tarik ulur suara, saya dipanggil oleh teman seangkatan di Arsitektur untuk mewakili Fakultas teknik dalam lomba yang diadakan oleh kampus.  

Awallnya agak ribet, kadang seminggu kami hanya latihan 1 kali kadang tidak sama sekali. Bahkan kami tidak pernah latihan dengan anggota yang lengkap. Latihan full anggota hanya terjadi waktu  H-1 penampilan,  Ribet kan?

Akhirnya, kami memanfaatkan hari terakhir latihan tersebut dengan bermalam semalaman di satu rumah. Oiya, ada hal yang tidak biasa dimalam ketika saya tidur, dimana saya diperkosa secara biadab oleh teman saya sendiri!!!

Kebetulan waktu itu kami (laki-laki) tidur dibagian ruang tamu, dan ceweknya di kamar yang  punya rumah (Amel), nah, kebetulan juga saya yang paling cepat ngorok, biasa lah ya, disiplin waktu untuk tampil besok. 

Tapi ditengah2 perjalanan dalam mimpi, tiba2 saya terbangun dengan gaya tengkurap dengan bok*ng terangkat sekitar 70 cm. Dialah Chaidir yang telah melakukan kekerasan seksual terhadap saya :( Dengan muka yang tak bersalah dia melakukan gerakan memperkosa dngan gaya yang tidak keren. Selain itu saya juga mndngar suara trtawaan dari tman2 yang lain (mungkin gue digilir ye?). Namun sbagai laki belia yang ga tau apa2 saya tetap tidur.

Besok paginya baru si Chaidir mengakui perbuatan bejatnya dan akan mempertanggung jawabkan kalo aku hamil :(. 

Oke, kita lupakan tragedi cinta satu malam yang dilakukan oleh si bejat Chaidir. Besoknya kami tampil dengan memakai seragam adat Toraja yang disponsori oleh Fakultas Teknik UMI. Oiya, makan siang nya juga disponsori oleh dosen kami Pak Andas. Terima kasih pak. Berikut fotonya:


Paduan suara arsitektur UMI
Yang ini foto sebelum tampil di depan jurusan, bersama dekan 3 Fakultas Teknik

Maaf, Saykoji sama Bruno Mars mau foto

Juala lomba paduan suara UMI 2016
Yang ini setelah tampil dan Allhmdulillah kami mendapat juara harapan 1

Hari itu bisa saja, kami yang jadi juara 1, namun dikarenakan adanya beberapa kesalahan formasi yang kami lakukan, mempengaruhi nilai dari juri, mungkin lain waktu akan saya ceritakan yang pasti kesalahan ini cukup menggelitik. But, prestasi ini cukup membanggakan bagi kami, mengingat wktu latihan yang sedikit, tapi piala ini sudah maksimal

5. Ikut lomba akustik 

Biar gak basa basi, langsung saja saya upload cuplikan video nya, di lomba ini kami tidak dapat juara, hanya pengalaman yang sangat luar biasa!


-R-

Dan sampailah saya pada titik ini, akhirnya saya bisa menyelesaikan tulisan ini dengan khidmat seperti upacara bendera peringatan hari kemerdekaan Indonesia kemarin. 

Salah satu fakta dari tulisan ini adalah, tulisan ini ditulis tersendat-sendat dan sangat dipengaruhi oleh yang namannya mood. Awalnya saya menulis tulisan ini bulan Mei, lalu sempat terlupakan, kemudian teringat lagi pas bulan Juni, lalu terlupakan lagi, begitu seterusnya sampai bulan ini. Agustus. Judulnya pun sempat berubah2 angka dan kegiatan nya ada yang saya tambahkan. 

Kedua, tulisan ini pertama dibuat pas libur setelah semester 3 dan terakhir ditulis pas liburan setelah semester 4, jadi bisa dibilang tulisan ini dibuat selama satu semester!

Ketiga, Banyak perkembangan2 dari kegiatan diatas yang tidak saya tulis karna waktunya belum kejadian waktu itu. Jadi saya memilih untuk menceritakan nya di post yang akan datang.

Keempat, masih banyak kesibukan2 kecil yang tidak sya tulis. Kegiatan diatas hanya kegiatan yang penting.

Untuk teman2 blogger yang lain, beginilah contoh kalo kita nulis pake mood. Tulisan yang bisa ditulis sebentar,  jadi panjang dan lama klo kita pake mood, sebuah pelajaran berharga untuk saya, semoga juga untuk kalian. 

Ingat, selalu luangkan waku untuk menulis, sesibuk apapun itu agar kita smua bisa menjadi penulis yang produktif. 

Sekian dari saya, semoga bermanfaat :)

16 komentar:

  1. Ga bisa nulis selama beberapa bulan ini kok nyalahin kegiatan?
    Kegiatan itu ga perlu dinyalain
    Yg perlu dinyalain itu lampu sama korek api

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadehh, bngung gw ngimbangin kejeniusan lu Nik

      Hapus
    2. satenya dua bang! gak pakai tusuk!!!

      Hapus
    3. mau dibawa pulang atau makan disini?

      Hapus
  2. Itu nyanyi-nyanyi kayak gitu kudu apal lagu gak bang Rey?
    Kalau saya gak ngapalin lagu, paling lagunya yang naek kapal!

    Oh ya bang Rey, satu kata buatmu ===> WELCOME TO THE JUNGLE... Selamat menulis lagi... semoga nyanyinya makin indah...

    BTW, itu cewek yg lg berdiri sama bang Rey tinggi benar yah? salam yah buat dia ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, mau ga mau harus dihafal lah. Blum lagi klo lagu bhs inggris.

      Amiin, makasih mas. gw akan slalu brnyanyi dngan lantang.

      Oh, itu namanya amel mas, mau akun instgram atau bbm nya mas, mumpung msih bisa ditikung

      Hapus
  3. masih mending bro 4 bulan, saya 1 taun #ehh

    BalasHapus
    Balasan
    1. WoW. knapa g skalian 1 abad rezky #ehh

      Hapus
  4. 4 Bulan gak ngeblog, rupanya gara2 ini toh... Gue pikir, ini emang sibuk banget, sih. Soalnya lo kan udah terjun ke dunia Organisasi, ya begitulah konsekuensinya.

    Organisasi itu, emang gak sibuk banget, tapi banyak temen gue yang organisasi suka sok sibuk. Padahal, di sekre cuman buka laptop terus streaming yg gk jelas. hahahah.

    Selamat datang kembali bro...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Konsekuensi dan harus mngatur waktu yg baik. Masih bisa diimbangin sih, cuma masalah manajemen waktu nya kurang baik.

      Hahahh, itu tipe2 penjaga skeret bng, yang tiap hari brmalam dn g ppulang2 kos krna wifi gratis di kakmpus atau mnunggu seseoirang brbaik hati membawaakan makanan kesekret.

      Sipp, mkasih bng her!

      Hapus
  5. Wah luar biasa. Menyibukkan diri disaat libur semester itu keren tauk! Ikut organisasi dan kegiatan-kegiatan positif lainnya malah bikin waktu liburan jadi gak sia-sia :3


    Aku libur semester cuma di rumah doang, itupun males nulis dan jarang ngeblog hahahahah

    Selamat ya, dapet juara dalam lomba paduan suara :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, makasih, makasih. Brarti gw keren dong nov? udah bisa punya pacar blom? :D

      Apa salahnya liburan cuma crumah? selagi kita ada kemauan untuk terus mengembangkan diri, apapun caranya dn bgaimanapun caranya selagi positif pasti bermanfaat.

      Hapus
  6. uwaah, masi juga 4 bulan, waktu itu saya setaun enggak ngeblog. :')
    Nyalahin kegiatan? iya sih, saya juga. Jadi aktivis kadang bikin orang gak sempet ngeluangin waktu buat sekedar nulis postingan. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Owww, setahun? kmu bikin apa aja? knapa g nulis?

      Hapus
  7. gak ngeblog nya lumayan lma juga ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, lumayan...

      bdw, namanya keren...

      Hapus

Singgah ki' :)