Rabu, 07 September 2016

5 cara membangkitkan mood menulis blog


Tidak terasa, 4 bulan lebih saya tidak pernah mempost lagi di blog ini. Post terakhir yang berjudul Woohoooo! Setelah puasa nulis 4 Bulan (Semuanya ada disini!) memuat kesibukan apa yang saya jalani mulai terhitung dari bulan Maret sampai sekarang.

 Banyak pengalaman baru yang saya dapatkan, mulai dari nge- MC untuk pertama kalinya, ikut audisi nyanyi di RRI, jadi sekertaris panitia untuk pertama kalinya, rekor jomblo terlama 19 tahun 6 bulan yang terus berkembang biak yang terus menambah angkanya tiap detik dan tiap hembusan nafas (buat yang ngerti, tolong saya!!!).

Anyway, saya bersyukur bisa belajar dari pengalaman2 berharga seperti daiatas. Tapi tetap saja setiap saya melakukan kegiatan atau aktivitas di kehidupan sehari2, saya selalu memikirkan blog ini. Kadang2 saya berfikir "bagaimana perkembangan teman2 blog saya ya?", "Apa yang mereka posting lagi?" atau  "Sudah berapa banyak viewers dan komen di blog saya ya?". Pertanyaan2 yang diajukan otak saya selalu saja tidak selaras dengan apa yang saya lakukan. Tiap hari dalam seperkian jam pasti ada selisih satu atau dua menit saya memikirkan hal seperti diatas. Ibarat Zainuddin yang merindukan Hayati tapi harus menipu hatinya dan membiarkan Hayati pergi dan akhirnya tenggelam (hellleeeh..). Mudah2an blog saya tidak tenggelam oleh perkembangan teman2 blog lain. Ehm..

Setelah sekian lama bergelut dengan pikiran, perbuatan dan hati yang kocar-kacir akhirnya kulit manggis ada extraknya, ehh, maksudnya akhirnya hari ini saya kembali meluruskan niat setelah memposting pembuka berjudul  Woohoooo! Setelah puasa nulis 4 Bulan (Semuanya ada disini!)  yang ditulis dan diniatkan selama 4 bulan (niatnya 3 bulan 29 hari, nulisnya sehari).

Kenapa saya menulis blog lagi? karna.....gue kurang kerjaan berbagai faktor dibawah ini. Faktor2 dibawah ini membangkitkan semngat dan ambisi saya dalam memulai untuk menulis lagi dan mungkin fakor dibawah ini bisa jadi tips bagi teman2 blogger yang bisa jadi mengalami syndrome seperti saya (malas, tidak mood dan tidak punya waktu menulis atau tidak bersemngat).

Sabar, sabar....

1. Blogwalking


    Terkadang rutinitas kita menulis tidak teratur dan mulai tidak konsisten dikarenakan faktor lingkungan dan tren. Kita di hipnotis untuk mencoba merubah ketertarikan kita dengan tren yang berkembang di lingkungan, contohnya, ketika kamu sedang fokus2nya menjalani agenda menulis yang sudah kamu terapkan sejak lama dan tiba2 ada sebuah tren yang membeludak dilingkungan kamu dan semua orang melakukan tren tersebut, misalnya Pokemon Go atau kalo ngga Goyang dumang. Bayangkan semua orang, teman2, tetangga, saudara, teman2 kantor/ kampus mengikuti  tren  tersebut. Apakah kamu tidak tertarik? dan pastinya tiidak mau dibilang ketinggalan jaman.

   Pada akhirnya sebagian dari kita yang baru memulai menekuni dunia blogging akan menutup laptop sejenak atau yang pling parah melupakan rutinitas nya dalam menulis, kemudian mulai fokus bersaing dengan tren tersebut untuk waktu yang sangat lama.

   Nah, disinilah fungsi dari blogwalking, yang harus kita lakukan adalah merubah lingkungan dan mengesampingkan tren yang berkembang (ingat! mengesampingkan bukan berarti menghindari) bisa saja tren itu bisa ditulis dalam blogmu. Kamu bisa memulai blogwalking setiap hari yang akan bermanfaat pada pengembngan minatmu. 

Ketertarikan kita untuk menulis pasti akan meningkat, selain itu blogwalking bisa merubah lingkungan kita menjadi lngkungan para penulis blog, tentunya dngan blogwalikng secara rutin. Lakukan itu setiap kali mempunyai waktu kosong, toh, tidak ada ruginya blogwalking karna membaca adalah hal positif! apalagi menyisipkan komen seperti yang akan kalian lakukan  di blog ini, huehhehe.

  Intinya pesan saya jangan jadikan kegiatan menulis itu sebagai ajang kren-kerenan atau pamer apalagi ikut  tren  atau karna mau cari uang. Kita menulis karna kita cinta, ibarat kita nge-gebet, wlaupun g' mood dan bnyak orang mnarik dluar sana (tren) kita akan ttap setia, karna apa? karna kita Cinta, bukan Rangga :). (cieeeee)


2. Membuka kesadaran


    Pernah gak sih kalian merasa bukan siapa2? minder karna blum bisa dipandang siapa2? atau minder karna blum bisa meraih apa2 dlam hidup padahal umur sudah tua?. Nah, menurut saya itu adalah hal yang wajar. Kenapa?

Karna kalian memang bukan siapa-siapa (Huaaahahahaa!!!!)

Semakin kita memikirkan hal tersebut, semakin kita takut akan bertambahnya usia dan kita belum melakukan atau mencapai target apapun. Saya juga memikirkan hal yang sama, makanya saya memilih kesibukan2 yang saya tulis di  WSPN4B (Ini promosinya maksa) daripada pulang kampung. Bukan asal menyibukkan diri tentu kita harus punya target.

Selain menyibukkan diri, saya juga selalu dikelilingi ketakutan,  rasa iri, dn rasa tidak percaya diri. Coba lihat disekeliling kita, diluar sana orang2 kerja keras, belajar dan terus belajar sampai berani mencoba apa yang mereka impikan. Bagaimana dngan orang dikabupaten/ provinsi lain? di negara lain? atau dibelahan dunia lain? Sekarng coba lihat dirimu sendiri? 

Secara sadar atau tidak sadar, kita sekarang barada dalam persaingan global. Kita lihat skala kecil nya dulu, apa yang teman disekeliling kallian sudah raih? teman SMA, SMP. SD atau saudara kita? mereka semua berjuang. Lantas apakah kita hanya duduk lalu tidur dirumah menjadi penonton mimpi2 mereka yg telah tecapai? Itu semua mmbuat saya takut. I'm not the right person to be a spectator. Kita terlahir membawa hal positif untuk orang lain.

Jadi, langkah awal kita untuk bersaing secara global dan selangkah lebih maju dari hari ini adalah memulai untuk belajar dan merubah aura persaingan itu ke arah positif dan ingat, jangan jadikan persaingan itu menjadikan kita manusia penganut individualisme. Mulailah melatih dan mempelajari apa yang kita suka,  berlatih menulis blog misalnya.


3. Investasi.


        Kegiatan positif yang kita lakukan hari ini akan memberikan manfaat dan kemudaratan di kemudian hari. Apa hubungannya dengan nge-Blog? tentu saja ada. Selain eksis dengan tulisan, menulis blog juga melatih kemampuan penulisan kita.  Dampaknya bisa kita lihat dikemudian hari, tentunya jika dilakukan secara konsisten.

  Sama halnya dengan invesatasi emas dn tanah yang menjanjikan keuntungan berlipat ganda. Invesatasi karya berupa tulisan juga begitu. Sejelek apapun karya tulisan mu, jangan pernah putus asa dengan cara membuangnya! cukup simpan di tempat yang rapi dan kunci rapat-rapat, mungkin besok atau lusa bisa menjadi sangat bermanfaat untuk dirimu sendiri bahkan untuk orang lain.


4. Tempat menuangkan isi hati


    Sakit hati, sedih atau nangis adalah hal yang sangat wajar dalam hidup, bisa saja karna cinta, karir, hubungan sosial ataupun karna ditinggal pergi oleh seseorang yang sangat berarti dalam hidup.

Menariknya, semua masalah kehidupan diatas menyimpan kenangan tersendiri dalam otak kita. Kadang ada kenangan pahit yang terus menerus muncul dalam pikiran kita dalam jangka yang sangat panjang, sehingga menimbulkan kepedihan yang menahun. 

Tapi tahukan kalian, sebuah masalah bisa menjadi ladang karya jika ditulis dengan sepenuh hati. Bahkan beberapa karya yang cukup terkenal bisa dihitung dari kadar kesedihan nya, bisa dibilang lebih sedih dan sadis masalahnya lebih menarik minat banyak pembaca. Misalnya saja cerita dari karya William Shakespeare tentang Romeo dan Juliet, tidak ada yang tidak tau bagaimana pahitnya kisah cinta dalam cerita ini.

Kuncinya, tuangkan setiap isi hatimu atau curhatan hatimu dalam sebuah karya tulisan bagaimanapun hasilnya. Setelah tulisan nya selesai, opsi nya hanya dua. Langsung memposting kepublik atau kembali ke poin 3. Yup, simpan!


5. Dapat teman hidup


    Nah, yang terakhir ini anggap saja bonus, hehe. Dari 10 penulis blog, yaahh, minimal mungkin ada 1/2  yang jatuh cinta sama penulisnya. Itupun kembali lagi penulisnya cantik/ ganteng atau tidak.

Tapi kemungkinan nya bisa saja tetap terbuka loh! bisa saja besok-besok orang yang kamu suka dan selalu kamu ceritakan di tulisan blog kamu, membaca tulisanmu, kalo yang ini kemungkinan nya 99,9% dia pasti baca deh.

Kalo kamu maksa. 

Bisa juga kamu modus-modus tidak sengaja menyebar link blog kamu di chat personal nya. Atau menyuruh teman terdekatnya mempromot tulisan mu. #Namanyajugausaha.

Semuanya tetap memungkinkan, seunik apapun cara dia menemukan tulisanmu. Tapi, menurut pengalaman saya sih, tidak ada yang namanya tidak sengaja. Misalnya dia tulis di google search, "Kenapa saya jomblo?" dan tiba-tiba blog kamu muncul di urutan nomor satu dengan headline "Jodoh kamu ada disini!" KAN TIDAK MUNGKIN. Jadi menurut saya semuanya harus direncanakan.

Dulu salah satu cara saya, supaya "dia" tau tulisan saya yaitu saya langsung menanyakan apa dia sudah baca tulisan yang saya tulis tentangnya atau belum. 

Dan setelah dua tahun tulisan itu dipost dia menjawab "Belum".............................

Saya yang dulunya sangat percaya diri kalo dia pasti sudah baca tulisan saya, langsung lngsung kayak dikubur hidup2 di sarang komodo. Padahal dua tahun lalu respon atau komentar dari orang2 terdekatnya lumayan banyak. Makanya saya iseng-iseng tanya tulisan dua tahun lalu...

Kembali lagi, semuanya harus direncanakan :")


-R-
"Mood itu sama seperti jodoh. Dicari. Bukan ditunggu datangnya"

Nah, itu tadi salah lima cara untuk membangkitkan mood menulis blog. Semoga bermanfaat untuk kita semua demi terciptanya blog yang tidak lumutan termakan zaman. Mari sebarkan benih untuk terus berkarya karna INDONESIA BISA!!!! FORZA INDONESIA!!! HALA INDONESIA!!!! VISCA INDONESIA!!! INDONESIA THE EXPLORER!!!

Sekian.

     

 

52 komentar:

  1. Blogwalking emang membangkitkan. :)) Kalo soal tren itu, gue kayaknya gak banyak ikut-ikutan. Waktu COC rame, terus sekarang Pokemen Go, gue tetep gak main. :D

    Gue pernah dapet tuh pacar dari blog, muahaha. Iya, mungkin awalnya dia jatuh cinta sama tulisan, terus sama orangnya. Eaakk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama yog sy jga gtu, gk prnah main sama skali. Soalnya smartphone gk mumpuni app yg brat2 haha. Hikmah smarphone dibawah standar.

      Iya, juga yaa. Apalagi tntng tlisan lo yg es krim, wnita mana yg gk jtuh cinta klo baca tulisan es krim yg spesial

      Hapus
  2. soal tren gak ngikutin sih tapi bener ngaruh. kaya dulu vlog booming malah lebih ngabisin waktu buat nonton vlog daripada baca blog

    semangat terus deh....jomblonya...baru 19 tahun 6 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sngat brpengaruh, konsisten aj nulisnya. Bgi seorang pnulis Yg pling sulit itu knsisten.

      Iya, mkasih, makasih..

      Hapus
  3. iiih kamu cowok blognya imut :D ehehehhehe
    Gue blogging itu karena kepingin cari temen-temen baru.
    Temen-temen gue sebagian besar menyebalkan.
    Datang kalo ada perlunya aja. Bah!
    Lumayan, sejak beberapa bulan ini mulai dapat banyak kenalan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Imut darimananya, hahah

      Jadinya mlah curhat ran haha. Tmen mmng gitu ran, mkanya cari sahabat, yg bisa mnyelesaikan masalah tanpa masalah.

      Knalan nya udh trmasuk gw ya ran? :D

      Hapus
  4. Balasan
    1. sama2 smoga moodnya ngangkat lagi mas rizal, hehe

      Hapus
  5. Menurut ane bw yang paling mantep, selain nyaris visitor dapet ilmu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, itu alasan pling umum dan brmanfaat. Klo bisa dibilang sih, bw yg brkualitas itu bw yng mmahami btul isi post nya.

      Hapus
  6. mantap dah kang. bisa diikuti ni tipsnya. soalnya q udh rada bosan ni ngeblog. apalagi kalo udh banyak kerjaan di dunia nyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe, iya, mkasih2 mas ida. Jngan prnah berhenti untuk menulis!

      Hapus
  7. jadi mood ngeblog lagi nih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhmdulillah, tunggu apalagi mas jel, tulis dulu sana.

      Hapus
  8. bw itu yang paling bener buat bikin semangat ngeblog lagi, sama banyak baca buku biar gak stuck tulisannya :))

    kunjungan pertama deh ini, salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bner bnget jog, mmbaca blog orang itu seakan kita tertular virus menulis dari blog atau tulisan yang d bw, dan itu cukup mampu meningkatkan mood mnulis.

      Iya jog, slamat dtang, hehe

      Hapus
  9. Iya, kadang-kadang suka nggak mood ngeblog.

    BalasHapus
  10. Kalau ane caranya cukup minum kopi gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gokil nih mas eko, klo saya minum air keras mas

      Hapus
  11. ini nih, moga ane ga bakalan bosen nulis deh wkwkwk

    BalasHapus
  12. hihihi.. tips menohok. tks ya gan

    BalasHapus
  13. semoga dengan membaca artikel ini ane makin semangat menulis artikelnya, thanks gan infonya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, snanga bisa membantu, smoga bermanfaat mas gul :)

      Hapus
  14. Nice Post gan membuat semangat kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih2 mas adi', slamat menulis kembali (y)

      Hapus
  15. Blogwalking sama tempat menuangkan isi hati sih kalau aku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren feb (y)intinya bgaimanapun cara mood itu menghalangi, selalu ada ruang kosong untuk berkarya :)

      Hapus
  16. gue ga punay cara lain buat bangkitin mood buat nge blog selain "maksa diri buat nge blog" haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otak mmng kdang tidak trbiasa mngikuti habbit mnulis yang konsisten dan apa yg reski lakukan ini sangat tepat, gak ada cara lain selain mmberi sugesti diri sendiri untuk mmulai mnulis atau dngan kata lain di "paksa"

      Hapus
  17. Rekor jomblo nya mantap gan wkwwk,, info nya juga mantap sangat membantu banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, udh bisa masuk rekor muri blom? Mkasih2, smoga bermanfaat :)

      Hapus
  18. biasanya klo lagi gak mod 5 cara diatas gak ampuh , ada cara lain lagi gak bro ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Plihannya cuma dua, prtama paksa otak kita untk mnjadikan menulis sbagai sbuah good habbit (kbiasaan baik) sperti yg dikatakan komen reski amalia diatas, mnulis trus stiap hari tdak pduli tlisannya buruk atau sngat buruk.

      Kdua, silahkan cari hobi lain. Krna mnunggu smpai kpanpun jika tdak mnyemangatkan diri sndiri untk mnulis krtasnya akan ttap kosong.

      Hapus
  19. Keren, bisa buat motivas ktika kurg mood ngeblog nih.. thank ya ..

    Btw, salah kenal..
    di tunggu bertamunya.. :)

    BalasHapus
  20. Aku gak mau lagi jatuh cinta sama blogger. No! Bahahak! :D

    Uda lama gak bw. Sejak laptop rusak, hidup ku terasa hampa :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada *lagi? nya, berarti sudah jatuh cinta dong? hahah, sama siapa Ris?
      Ya, smoga makin rajin bw lagi yaa..

      Hapus
  21. Entah kenapa nomor 3 dan 5 gue setuju banget wkwk

    BalasHapus
  22. wah, boleh juga nih tipsnya. semoga tambah semangat buat yang baca post ini :)

    BalasHapus
  23. Waktu pokemon gempar se-heboh2nya saya nggak ikutan main, karena nyadar kekurangan... kalo udah nge-game lupa urusan lain, haha... blogwalking pun nambah ilmu dan kadang jadi ada ide untuk post selanjutnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap, betul kak nit. Liat aja skarang, tren pokemon go udh mulai berkurang. Skrang lgi gmpar2 nya #beliinIphone7Om....

      Smoga dpat brmanfaat :)

      Hapus
  24. Paling oke sih BW... selain dapat ide juga dapet energi positif dari teman-teman yang rajin nulisnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bw ini juga pling bnyak disetujui sama tman2 blogger yng komentar diatas no'.

      Gk slah sya mnulisnya di nomor urut 1 haha

      Hapus
  25. yang bener kalo ada tujuan pasti ada jalan bro, well beer sih kadang suka iri sama apa yang dilakuin orang dan minder juga

    BalasHapus
  26. nomor 1 ini yang paling mujarab, sih... akhirnya bisa kenal orang-orang yang sehobi. pasti seneng banget kan. hehehe.

    paling setuju nomor 4. soalnya dari awal emang tujuannya itu. :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bener rob..mkanya dinomor satukan hehe...

      Wah, calon2 pnulis profesional biasanya kyak gtu rob...nggk ngeliat uangnya dulu

      Hapus

Singgah ki' :)