Rabu, 28 Oktober 2015

Post penting!

Kemarin tanggal 27 Oktober dan hari itu adalah hari Blogger Nasional dan saya sempat membuat karya desain grafis yang saya post di media sosial, bentuknya seperti ini.

Gimana? Keren kan? Keren lah!
"Sambil menyelam minum air keras" mungkin kata-kata itu yang cocok untuk saya di hari blogger nasional ini. Coba perhatikan desainnya. Perhatikan setiap tulisanya. Dipojok bawah saya beri alamat blog ga' penting ini dan akun twitter saya tentunya.

Saya pun memposting desain ini kepenjuru dunia kelurahan yang saya punya, seperti instagram, facebook, bbm, dan line. Hasilnya sih dapat satu retweet di twitter dan satu followers (Hiks), seluruhnya like semua. Padahal pengerjaannya 3 jam loh. Iya, 3 jam. Sekedar info saja, desain grafis itu susah-susah gampang. Susahnya ya untuk pencampuran warna, toolsnya (Sebagai desain grafis pemula saya masih belum tahu banyak tentang tools yang ada) ide, temanya atau kesan yang ditimbulkan dalam desain dan masih banyak lagi

Gampangnya?

Kita hanya perlu duduk, klik sana klik sini, geser sini geser situ sambil menuangkan kreatifitas yang ada. Gampang kan? Tidak perlu lari keliling komplek, push up dan sikap lilin. Tidak perlu! kecuali kalo mau greget.

Software yang dipake?

Software yang saya pake adalah Corel draw X6, software yang kebanyakan dipakai para pendesain grafis. Sebenarnya masih banyak software yang bisa dipakai, contohnya Adobe ilustrator (bagus) dan Photoshop (bagus juga) tidak mabut. Tergantung dari keahlian masing-masing.

Dan sekarang adalah tanggal 28 Oktober, hari dimana para pemuda-pemudi Indonesia menyorakkan Sumpah nya, hari dimana mahasiswa turun kejalan, dan hari dimana kita merefleksi kenangan sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 lalu. Untuk sejarahnya saya tidak akan membahas nya panjang lebar disini, tapi bagi yang lupa pelajaran sejarah waktu SMP. Silahkan klik Disini.

So?

Hari ini saya tidak turun kejalan. 

Berarti kamu bukan mahasiswa?

Mahasiswa itu bukan berarti harus turun ke jalan sambil bakar ban. Kalo mau dibilang turun kejalan, tiap hari saya turun kejalan, kalo mau kekampus saya turun kejalan, ke Mall saya turun kejalan, pulang ke Pinrang saya turun kejalan.

Naik motor. Kalo jalan-jalan, terlalu jauh.

Bukan nya menyalahkan metode tersebut. Setiap orang atau kelompok mempunyai cara dan teknik tersendiri untuk menuntut sebuah perubahan. Jadi semuanya pasti akan kembali lagi bagi objek tersebut (gitu). Juga, kalo dipikir-pikir. Mahasiswa itu orang yang cerdas dan kritis jadi segala sesuatunya pasti dipikir dulu matang-matang sebelum dilakukan (percaya deh!)

Jadi apa yang kamu lakukan sebagai mahasiswa di hari sumpah pemuda ini?

Sederhana sih. Daripada kurang kerjaan. Berhubung hari ini juga tidak ada mata kuliah jadi saya membuat satu karya sebagai ucapan untuk hari ini. Penampakan nya seperti ini.


Keren kan? Iyalah keren.

Finally. Di hari sumpah pemuda ini saya sadar Negeri ini mengajarkan banyak hal kepada saya, Saya lahir, besar dan mungkin mati disini, saya makan hasil tanahnya, saya minum airnya, dan saya menikmati kekayaan alamnya. Tapi apa yang saya berikan terhadap Negeri ini tidak seberapa. Laksana satu bulir air dari kaki semut yang jatuh kedalam samudra. 

Perjalanan saya masih panjang dan semoga suatu saat, apakah itu besok, lusa, minggu depan, bulan depan atau tahun depan sekalipun mudah-mudahan saya bisa mengharumkan nama baik Negeri titipan nenek moyang kita ini. Indonesia.

And than, Hari ini saya hanya mau mengucapkan. 

Selamat Hari Sumpah Pemuda yang ke-87. Karna berbeda kita satu, karna berkarya kita besar! Ayo bangkit pemuda Indonesia! 
-Reyhan Ismail (Penulis)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Singgah ki' :)